PROGRAM KERJA ADIWIYATA SMPN 1 CIMAUNG
Tahun Ajaran
2011-2012
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
URAIAN PROGRAM KERJA
|
Waktu pelaksanaan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
A
|
Bidang Kurikuler (Kurikulum, Model dan Media
Pembelajaran
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
1) Penyusunan Kurikulum PLH
SMPN 1 Cimaung
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
2) Penyusunan
silabus dan RPP PLH
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
3)
Penentuan/pemilihan Model Pembelajaran yang cocok untuk kegiatan PLH,
diantaranya: CTL, Observasi, praktek lapangan.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
4. Penyusunan Program pelaksanaan hari-hari
lingkungan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
5. Supervisi Proses Belajar Mengajar PLH
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
6. Evaluasi PBM
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
|
Bidang Non Kurikuler
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
1) Observasi dan
studi Banding ke Sekolah yang sudah menyandang predikat SBL atau sekolah
Adiwiyata.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
2) Mengikuti
Pelatihan dan workshop tentang SBL
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
3) Sosialisasi
dan penyuluhan pada warga sekolah dan masyarakat sekita mengenai SBL
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
4) Menjalin
kerja sama dengan pihak luar dalam hal peningkatan dan pengelolaan lingkungan
sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
5) Pembentukan
organisasi Siswa Pecinta Lingkungan Hidup SMP N 1 Cimaung
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
6) mengadakan
perlombaan Kelas Sehat dan Bersih, bekerja sama dengan wali kelas.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
7) Pembuatan
slogan-slogan dan himbauan-himbauan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
8) Pembuatan
artikel dan kampanye lingkungan hidup
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
9) Pembuatan
e-mail dan blog SBL.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Sub Tim Aksi
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO
|
URAIAN PROGRAM KERJA
|
Waktu pelaksanaan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Prog. Bid. Pengelolaan Fisik sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
dan sekitarnya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
A. Penataan Lingkungan sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan tempat
Pembuangan Sampah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengaturan Para pedagang
sekitar sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengaturan saluran air
hujan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan lubang resapan
(Biofori)
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pelaksanaan penghijauan
di lingkungan
sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
B. Penataan Ruang Kelas
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Penataan ruangan kelas
bekerja sama dengan
wali kelas 7, 8, dan 9
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Memperlengkap
sarana-prasarana kelas
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengawasan kegiatan
kebersihan kelas oleh
siswa sesuai dengan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
jadwalnya kerjasama dengan bapak.ibu guru pengajar
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
C. Penataan Halaman Sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pemasangan paping blok pada jalan-jalan mneuju kelas
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan
tempat-tempat menanam tanaman
hias atau yg lainnya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan pagar-pagar bambu dan tanaman
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan
kebun apotik hidup sebagai
bahan ajar para siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan Green House untuk pusat kegiatan praktek PLH
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan Persemaian tanaman/pohon
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
D. Penataan Kamar Mandi/WC
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pemisahan WC siswa untuk pria dan wanita dan WC untuk guru
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
dan staf sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pemeliharaan kebersihan kamar mandi/WC guru dan siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
guru dan siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengadaan alat kebersihan,pembersih dan tempat sampah di tiap-
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
tiap WC
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan WC baru yang sesuai dengan jumlah siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
E. Pengaturan air bersih
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengadaan air bersih setiap saat
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengadaan kran-kran di beberapa tempat untuk keperluan siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
atau guru dan sarana prasarananya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Membuat atau menyediakan bak-bak atau tempat-tempat
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
penampungan air hujan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. Pengelolaan Sampah
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Menyediakan tempat sampah di tiap kelas
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Pembuatan tempat pembuangan sampah sementara
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Pengelolaan/penanganan sampah organik
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Daur ulang (Recycle)
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Pemanfaatan kembali sampah anorganik (re use)
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Mengurangi barang-barang yang dapat menghasilkan sampah
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
G. Penataan ruang terbuka hijau
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan bak-bak besar untuk menanam tanaman-tanaman
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
hias dan sejenisnya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Penanaman
tanaman buah-buahan, tanaman
apotik hidup
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan
sumur-sumur resapan untuk mengelola air hujan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
H. Efisiensi dan penghematan
energi/Sumber
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
daya/bahan baku.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pemanfaat kertas bekas untuk dipakai lagi
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Penghematan penggunaan energi listrik
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Penghematan penggunaan air bersih
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pemanfaatan sumber daya alam dengan baik
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengontrolan penggunaan air,listrik,bak pe
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
nampungan, dll. Oleh
guru dan siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengontrolan terhadap
sarana listrik dan air yang sudah
berfungsi
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Prog. Bidang Pembelajaran Lingkungan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan sosialisasi tentang SBL kepadaseliruh warga sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembuatan poster, slogan, himbauan-himbauan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan pengawasan dan pemeriksaaan penyelenggaraan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
SBL secara rutin
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan lomba-lomba yang ada kaitannya dengan SBL
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan kegiatan opsih secara rutin
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pembentukan kelompok pencinta lingkungan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
yang beranggotakan para
siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan diskusi-diskusi tentang SBL
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengikuti kegiatan pertemuan dengan instansi terkait
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan study banding ke tempat-tempat yang ada kaitannya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
dengan program SBL
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan pelatihan-pelatihan praktis yang erat hubungannya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
dengan program SBL
(Daur ulang, Pemamfaatan kembali, dll)
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengadakan
pameran hasil kreatifitas siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
yang ada hubungan
dengan program SBL
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pemberian hadiah,reward kepada siswa
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Peringatan hari-hari
lingkungan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pemberian nama-nama
ilmiah pada tanaman sekitar sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Penataan berbagai tanaman
koleksi yang terdapat
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
dalam green house dan
apotek hidup
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Prog. Pemberdayaan warga sekolah dan sekitar
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
nya.
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pensosialisasian program SBL
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mengikuti kegiatan pelatihan dan kursus
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Mendatangkan pihak-pihak yang kompeten untuk meningkatkan
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
kemampuan, keterampilan
team SBL, guru PLH, siswa dll.
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Mengadakan observasi/kunjungan praktek/ latihannya
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
o Mengadakan ceramah/kuliah umum yang ada hubungannya
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
dengan SBL
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Membentuk kelompok SBL yang melibatkan warga sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
dan sekitarnya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Melaksanakan kerja bakti di lingkungan sekolah dan sekitarnya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Melaksanakan kemah kerja lingkungan yang diskusi oleh seluruh
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
warga sekolah
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Menyebarkan selebaran,pamplet,poster,slogan dll,
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Kepada masyarakat
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
o Pengadaan sarana-prasarana yang sumber dananya diambil dari
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
warga sekolah dan sekitarnya
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui; Cimaung,
Juli 2011
Kepala SMP Negeri 1 Cimaung Koordinator SBL
Drs. Oma Sutiana, M.Pd Heni
Yuliastini, M.Pd
NIP. 19620407 198412 1 001 NIP. 19711111
199702 2 002
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rabu, 16 Mei 2012
Program Kerja Adiwiyata
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
bagus and go green
BalasHapusTerimakasih.. izin copas,, buat program kerja di sekolah saya..
BalasHapus